Thursday, September 15, 2011

Stockley's Drug Interactions


Buku ini yang disediakan oleh perpustakaan adalah yang keluaran tahun 1999 (ga tau edisi berapa). Berdasarkan data yang cici punya, POOL ga punya buku  ini. 

Berdasarkan sekilas pandang buku edisi ke 8, dari judulnya sudah jelas buku ini berisi interaksi-interaksi obat. Penyusunannya berdasarkan golongan obat, untuk contohnya ada bab ACE inhibitors and Angiotensin II receptor antagonists. Pada bab tersebut dijelaskan interaksi obat-obat golongan tsb. dengan faktor lain (bisa obat lagi atau  makanan). 

Pembahasan untuk interaksinya bisa dibilang panjang dan memusingkan.. hehehe.. Di awalnya dijelaskan singkat interaksi yang terjadi, dilanjutkan dengan clinical evidencemechanismimportance and management, dan terakhir adalah referensinya. Untuk memudahkan pencarian zat aktif yang kita perlukan, gunakan fasilitas indeks dari buku tersebut.

Kalau cici liat indeks nya... contoh, Abacavir
Abacavir
 + Alcohol, 51
 + Amprenavir, 804
 -dst-

Halamannya beda-beda, jauh pula, jadi agak ribet juga ya kalau mau cari-cari interaksinya...

Menurut cici untuk mengisi bagian "Interaksi Obat" di jurnal ujian kita sih kalau dari Stockley ini agak buang waktu.. halamannya ngaclok-ngaclok, bahasanya susah dan panjang. Mending ambil dari AHFS aja.. hehehhee..

Artikel Terkait/Related Articles



0 comments:

Post a Comment

Please feel free to comment

and please click Subscribe by Email to be notified for upcoming comments.