Thursday, September 15, 2011

British National Formulary


Buku ini ada BNF 46 (perpus) dan BNF 53 (POOL). Edisi terbaru saat ini adalah BNF 61. Selama ini BNF dikategorikan ke buku Farmasetik, tapi setelah tadi dibuka-buka buku ini lebih ke Farmakologi deh walau ada farmasetiknya. juga. Jadi, buku ini cici masukin ke kategori Farmakologi.

Berikut yang cici liat di BNF 58:
Buku ini katanya sih kaya MIMS nya British. Seperti MIMS memang, penyusunan berdasarkan gangguan sistem organ namun penyusunan selanjutnya adalah berdasarkan zat aktif bukan berdasarkan merk. Selain itu untuk golongan obat besarnya ada teori singkat mengenai farmakologinya.

Contoh untuk Loop diuretics:
Loop diuretics are used in pulmonary oedema due to left ventricular failure; intravenous administration produces relief of breathlessness and reduces pre-load sooner than would be expected from the time of onset of diuresis. Loop diuretics are also used in patients with chronic heart failure. Diuretic-resistant oedema (except lymphoedema and oedema due to peripheral venous stasis or calcium-channel lockers) can be treated with a loop diuretic combined with a thiazide or related diuretic (e.g. bendroflumethiazide 5–10 mg daily or metolazone 5–20 mg daily).

(dan masih ada 2 paragraf lagi)

Informasi yang disampaikan di tiap zat aktif adalah:
Indikasi, perhatian, kontra indikasi, efek samping, dosis, obat-obat yang beredar di pasaran (lengkap dengan kekuatan dan harganya)

Bagian awal sebelum "monografi" 
Ada banyak informasi.. tapi yang paling menarik itu ada Guidance on prescribing, ada prescription writing guidance segala.. Keren :D

Lampiran (Appendix)
Appendix 1. Interactions, berisi interaksi antara obat apa dan apa dan apa akibatnya.
Appendix 2. Liver disease, berisi obat-obat yang mempunyai komentar khusus untuk penyakit hati ini, tentu ada komentarnya juga.
Appendix 3. Renal impairment, mirip dengan appendix 2. Ada rumus perhitungan eGFR (estimated Glomerulus Filtration Rate) untuk menentukan tingkat keparahan gangguan ginjalnya.
Appendix 4. Pregnancy, mirip appendix 2 dan 3.
Appendix 5. Breast-feeding, mirip appendix 2,3,4.
-dst- sampai Appendix 9 liat sendiri aja dah.. hehehe

Artikel Terkait/Related Articles



0 comments:

Post a Comment

Please feel free to comment

and please click Subscribe by Email to be notified for upcoming comments.