Thursday, September 15, 2011

Remington The Science and Practice of Pharmacy


Berdasarkan data dari perpus, buku yang berjudul "Remington" itu ada 3 macem, 
  • Remington Pharmaceutical Practice (keluaran ahun 1961 dan disingkatnya RPP)
  • Remington Pharmaceutical Science (ada dua, keluaran tahun 1990 dan 1996. Yang 1996 itu 18th Ed., disingkatnya RPS)
  • Remington The Science and Practice of Pharmaceutical (keluaran tahun 2006, yang kalau ga salah disingkat RSPP)
Untuk POOL, ada RPP, RPS 18, dan RSPP 21. Buku ini masuk ke kategori Buku Prioritas. Apa ya yang bikin buku ini jadi prioritas? Mungkin karena di buku ini ada monografi singkat sih..

Kalau diliat dari daftar isinya.. si buku ini isinya mencakup farmasetik, analisis, ada natural product, dan farmakologi sampai ke patient care..

Untuk sisi farmasetiknya, kayanya sih buku ini bisa jadi sumber untuk "cari-cari alasan", juga ada ilmu industri nya, ada juga cara ngelipet kertas untuk puyer.. haha.. ada juga tuh 1 bab isinya sterilisasi doang. Nah, karena ini buku bagus untuk "cari-cari alasan" jadinya buku ini harus dibaca jauh sebelum ujian. Karena alasan-alasan itu baiknya disiapin jauh-jauh hari.

Untuk kimianya ada nama-nama gugus fungsi, ada juga penjelasan singkat beberapa zat, ada teori asam basa, perpindahan elektron segala macem, ada SAR and drug design juga.

Weleh-weleh ada juga drug nomenclature.. mungkin karena kebanyakan orang sono bikin obat tuh bener-bener bikin obat baru, itu di sana dijelasin gimana cara ngenamain obat baru itu.. baru tau ada yang beginian.. hahahaha

Untuk analisisnya ada penjelasan titrasi, indikator-indikatornya, ada cara spektrometri, lengkap dah..

Di belakang baru deh ada monografi gitu.. dari buku inilah cici waktu itu baca kalau si eritromisin itu harus di salut enterik, tapi esternya ga usah.. Kata-katanya begini:
The antibiotic is destroyed by gastric acid so enteric-coated preparations of the free base and acid-resistant salts or esters are used.
Waktu itu cici udah ga mau menyalut dengan salut enterik jadinya..

Di belakang-belakangnya lagi baru deh ada tentang patient care.

Bukunya tebel ampir 3000 halaman, bingung juga ngebedahnya gimana :P

Setelah cici liat buku ini sebenarnya ga tepat juga kalau masukin buku ini ke kategori Farmasetik. Kalau diliat dari tingkat kepentingannya sampai buku ini masuk ke daftar buku prioritas paling karena dia ada monografinya itu. Tapi karena buku ini terlalu lengkap sampai segala macem aspek farmasi ada.. ya udah, cici nurut aja deh ama perpus: buku ini buku Farmasetik. Tapi, saat di sistem lajur itu kemungkinan besar informasi yang kamu ambil dari buku ini adalah monografi.

Artikel Terkait/Related Articles



0 comments:

Post a Comment

Please feel free to comment

and please click Subscribe by Email to be notified for upcoming comments.