Thursday, September 15, 2011

Pharmaceutical Dosage Forms: Tablets


Buku yang sering disebut "Lachman Tablet" ini terdiri dari 3 volume. Buku yang disediakan oleh perpustakaan dan yang versi e-book sepertinya sama (2nd Ed.).

Isi dari vol. 1 mencakup dari teori-teori pertabletan (seperti bahan kuliah lah.. da kuliah ngambil dari sini) mulai dari pertimbangan dalam preformulasi, metode pembuatannya (GB, GK, KL), eksipien-eksipien yang digunakan permasalahan yang terjadi, berbagai macam bentuk tablet (konvensional, salut, effervescent, dll.), evaluasi, dan contoh formula untuk beberapa tablet yang mungkin.
Untuk vol. 2 dan 3 tidak terlalu banyak dieksplorasi karena nampaknya bahannya sudah terlalu njelimet.


Jadi, untuk "Lachman Tablet" Vol. 1 ini banyak digunakan sebagai sumber dalam "cari-cari alasan" yang memang dibutuhkan untuk mengisi subbab pengembangan formula di Bab 3. Contohnya,
Kenapa tablet zat x dibuat dengan metode granulasi kering?
Kenapa pilih eksipien y?
Kenapa pilih eksipien z untuk mengganti eksipien y?

Dari buku inilah cici belajar lagi tentang tablet. Buku ini sangat direkomendasikan untuk dibaca :D Buku ini buku favorit cici.. buku yang membuat cici jadi seneng dengan farmasetik. Hahahahaha..

Eh, udah ada nih yang 3rd Ed. (2008) terdiri dari 3 volume. Namanya udah ga boleh disebut Lachman lagi.. soalnya di sini Pak Lachman ga ngapa-ngapain.. hehehe..

Pharmaceutical Dosage Forms: Tablets 3rd Ed. (2008)
Di buku vol.1 ada metode pembuatan tablet Granulasi  basah (dengan judul: Pharmaceutical Granulation Processes, Mechanism, and the Use of Binders) dan Granulasi kering (dengan judul: Dry Granulation). Untuk di bagian granulasi basah dibahas juga soal pengikat nah baca-baca tuh.. Di bagian granulasi kering,  cici liat ada skema roller compactor yang kaya di slide kuliah tablet cici dulu.

Di buku vol.2, ada pembahasan Kempa langsung, ada 1 bab khusus ngebahas penghancur dan 1 bab lain yang khusus tentang lubrikan, glidan, antiadheren.

Di buku vol.3 ada pembahasan Mechanical strength, isinya itu uji seperti friabilitas.

Wah cici rasa buku ini penting banget deh untuk teori-teori tablet, karena ini edisi baru juga mungkin banyak hal yang baru..

Ini juga buku yang membuat cici bersemangat untuk belajar farmasetik :D

Artikel Terkait/Related Articles



0 comments:

Post a Comment

Please feel free to comment

and please click Subscribe by Email to be notified for upcoming comments.